Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Merawat Piano Dengan Benar

Cara-Merawat-Piano-Dengan-BenarInstrument Piano merupakan alat music yang sangat indah sekali dan berkesan elegan karena harganya boleh di katakan tinggi, oleh karena itu penting sekali kita perlu mengetahui Cara Merawat Piano Dengan Benar. Bagian piano terdiri dari berbagai macam material seperti besi, kayu,baja, tembaga, plastic, kuningan, bahan perekat, kapas dan lainnya semua di susun sedemikian rupa sehingga terbentuk rupa piano yang sangat indah dan tentunya ada beberapa bagian yang sangat sulit untuk di bersihkan.

Banyak orang dapat bermain piano tetapi jarang sekali yang mempunyai kemampuan untuk merawatnya, kapan harus di tuning. Jika di rawat dengan baik suara piano akan tetap terdengar indah dan bisa di gunakan selama 70 sampai 100 tahun, tetapi jika tidak di rawat dalam waktu beberapa tahun saja suara yang di hasilkan sudah tidak enak di dengar dan terlihat sudah tua, berkarat dan lapuk.

Berikut ini adalah Cara Merawat Piano Dengan Benar:

1. Tuning Secara Rutin

Suara piano agar dapat terdengar merdu maka harus di lakukan tuning secara rutin, untuk baiknya tuninglah piano 6-8 bulan sekali atau setahun 2 kali walaupun piano jarang di gunakan. Dengan mentuning secara rutin maka suara yang dihasilkan melalui senar-senar piano dapat terjaga kestabilannya. Khusus untuk piano yang baru harus melakukan tuning 1 tahun sebanyak 4 kali, ini hanya berlaku untuk tahun pertama saja karena dengan tuning 4 kali senar dapat beradaptasi dan mempunyai peregangan yang tepat.

2. Penempatan Piano.

Suhu yang panas atau lembab tentu akan sangat mempengaruhi kualitas suara, oleh karena itu jauhkanlah dari sinar matahari langsung, lebih baik piano di taruh pada ruangan tertutup dan ruangan ber AC, mengapa? Karena ruangan yang tertutup dan AC suhu nya tetap dan selalu kering, jika menaruh piano di tempat terbuka maka piano akan cepat berkarat dan timbul jamur karena suhu ruangan yang berubah-ubah.

3. Membersihkan Piano.

Untuk membersihkan piano dari debu gunakanlah kain yang lembut, jika mau menggunakan semir belilah semir khusus di took piano karena semir ini dapat menjaga piano dari debu dan mempunyai sifat anti-static. Untuk membersihkan tuts dunakanlah bahan yang lembut dan lembab, jangan pernah membersihkan dengan bahan kimia atau pembersih cair pada tuts piano karena dapat merusak.

Untuk pembersihan bagian luar dapat di lakukan sendiri tetapi kalau untuk bagian dalam lebih baik dengan teknisi yang ahli karena bagian dalam sungguh sangat kompleks dan mudah patah.

Demikianlah 3 Cara Merawat Piano Dengan Benar, Semoga Bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *