Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perkataan Yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak

Perkataan Yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak –  Dalam kehidupan keluarga perlu adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan anak karena seringkali tanpa kita sadari ada berbagai macam perkataan yang sesungguhnya tidak boleh didengar oleh anak karena dapat mempengaruhi bahkan menyakiti hati anak.

Perkataan-Yang-Tidak-Boleh-Diucapkan-Pada-Anak

Terkadang tidak bisa dipungkiri anak seringkali membuat jengkel, oleh karena itu butuh strategi untuk dapat mendisiplin anak, nah salah satu diantaranya adalah jangan mengomel dan mengucapkan perkataan yang tidak bermanfaat.

Beberapa Perkataan Yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak yaitu:

1. Aduh, kamu ini kebangetan banget sih…

Perlu diketahui anak pada usia dini akan langsung mempercayai setiap ucapan yang didengarnya dari orangtua tanpa banyak bertanya. Jadi jika kita mengucapkan kata-kata negatif maka kata-kata itu akan menjadi sebuah pengakuan terhadap anak sehingga anak menjadi yakin bahwa ia memiliki sifat seperti yang “dikatakan”, contoh lain ketika ada anak yang tingkah lakunya kasar dan Anda memarahinya dengan kata-kata “kamu nakal banget sih”.

Alangkah lebih bijak jika Anda menjelaskan bahwa tingkahlaku yang kurang baik itu, tanpa perlu menyebutkan kata sifatnya. Sebagai contoh: Mama sangat sedih sekali melihat kakak mendorong adik hingga terjatuh. Yuk kakak minta maaf sama adik.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa anak-anak akan menyimpan dan mengingat setiap perkataan kalimat yang diucapkan kepada dirinya sampai dia menjadi dewasa. Coba Anda pikirkan kepada diri sendiri, berapa banyak perkataan yang negatif yang orangtua ucapkan kepada Anda yang masih diingat sampai sekarang.

2. “Dasar cengeng…”

Bagi anak-anak usia dini seringkali menangis merupakan suatu luapan perasaan mereka, jadi saat mereka kesal, takut, capek, mereka akan menangis. Oleh karena itu menyebut anak kita cengeng, tentulah kurang tepat dan tidak bermanfaat, karena pesan yang dikirim kepada anak bahwa seakan-akan menangis itu hal yang salah.

Perkataan-Yang-Tidak-Boleh-Diucapkan-Pada-Anak

Lebih baik perkataan yang diucapkan lebih kepada pengenalan akan emosi yang anak rasakan. Contohnya, Adik kesal yah tadi waktu Melani tidak mau bermain. Tidak apa-apa, khan teman yang lain masih banyak nanti setelah mama memasak, mama akan menemani kamu bermain.

Dengan kata-kata seperti ini orangtua akan membantu anak dalam mengekspresikan perasaannya tidak selalu menangis, jadi anak bisa belajar juga bagaimana menghibur hati orang lain yang sedang sedih. Jangan heran lho setelah menerapkan hal ini maka anak akan menyampaikan perasaanya dalam bentuk kalimat dan tidak menangis lagi.

3. Kamu kok tidak seperti kakak sih…?

Ingat jangan pernah membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lainnya karena dengan membanding-bandingkan tidak akan selalu berhasil untuk memotivasi anak karena setiap anak mempunyai karakter dan pribadi yang berbeda-beda. Dengan membanding-bandingkan juga akan memberikan kesan kepada anak bahwa Anda lebih suka orang lain daripada dirinya, hal ini akan membuat anak menjadi tertolak sehingga anak akan kehilangan rasa percaya diri kepada orangtua.

4. Cukup atau Mama hukum

Seringkali tanpa disadari orangtua suka melakukan hal ini karena frustasi menlihat kelakuan dari anak, kalimat seperti ini tidak akan berdampak besar. Contoh lain: Kalau kamu melakukan sekali lagi maka akan Mama pukul. kata-kata seperti ini tidak akan efektif. Masalah yang dihadapi cepat atau lambat Anda harus melakukan ancaman tersebut. Perlu diketahui bahwa semakin kecil usia anak maka semakin lama anak memahami perintah yang diberikan.

5. Ayo Cepat!

Sepertinya kata-kata seperti ini tidak asing terdengar setiap pagi karena orangtua terkesan heboh dipagi hari dengan menyuruh anak mandi, makan, pakai baju dan lain sebagainya dikarenakan takut terlambat sekolah. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah mencari cara “tenang” untuk meminta anak melakukan sesuatu. Contohnya matikanlah TV saat makan pagi, membangunkan anak lebih awal.

Anak merupakan buah hati yang indah yag dititipkan Tuhan kepada kita sebagai orangtua, oleh karena itu berikanlah kepada anak aura positif yang akan membuat anak berkembang dan bertumbuh kearah yang baik. Demikianlah 5 Perkataan Yang Tidak Boleh Diucapkan Pada Anak, kiranya dapat bermanfaat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *